PASTIKAN ANDA MENEMUKAN KAMBING ETAWA GALUR MURNI BERKUALITAS HANYA DI BINNELLA FARM

Senin, 08 Maret 2010

Silaturahmi ke Kandang EtawaMania di Ngantang, Malang

Hari Minggu, tanggal 7 Maret 2009. Saya berangkat dari Bangkalan, Madura Jam 7 pagi. Setelah makan pagi di rumah makan Bebek . Jam 8.30 Perjalanan dimulai...agak nyasar2 masuk kota Surabaya mencari jalan Tol menuju Waru..akhirnya saya melalui wonokromo terus ke Karang Pilang..perempatan krian masuk Jalan raya Surabaya - Mojokerto.

Di Mojoagung berbelok ke arah kandangan terus ke Ngantang.
Tiba di Ngantang hampir jam 12 Siang. Diterima oleh Mas Denta dan disuguhi teh manis dan tape goreng..nikmatnya..

Setelah itu melihat-lihat koleksi Etawa Mania dan bertemu dengan Dedengkot Ngantang, Pak Solihin. Berbincang-bincang sejenak tentang jenis makanan yang diberikan di sekitar peternakan.

Saya lihat banyak yang diberi makan mlanding..dan satu pengalaman baru saya yaitu : kangkung kering yg dihancurkan ( hasilnya seperti remah2 kayu berwarna coklat ).

Saya sempat mempertanyakan : apakah tidak membuat rontok bulu kambing akibat pakan kangkung kering tersebut ?? dan dijawab selama ini tidak pernah rontok. Asumsi saya mungkin karena sudah dalam keadaan kering / dikeringkan sehingga tidak mengakibatkan rontok tersebut.

Saya juga sempat berbincang-bincang masalah tanduk kambing saya yang saya potong..karena telah mengakibatkan luka dikepala kambing ( tanduknya sudah masuk ke dalam kepala ). Dikarenakan saya kesulitan memotongnya, akhirnya saya putuskan dipotong 5 cm dari pangkal kepala, yang mengakibatkan cempuritnya juga ikut terpotong. Sebenarnya saya tidak tega, tapi demi kebaikan kambing itu sendiri tak paksakan untuk dipotong.

Saya amati sudah 6 bulan tidak tumbuh tanduk baru, memang menurut beliau tidak akan tumbuh lagi dikarenakan cempuritnya sudah terkena bakteri. Sebaiknya apabila ada kambing lain yg bermasalah sama , tanduknya dilumuri dengan oli panas yg dibakar. Pada saatnya nanti tanduk luarnya akan tanggal dengan sendirinya, dan bisa tumbuh baru.

Tapi yang lebih baik lagi memang melakukan tindakan pencegahan sejak dini, yaitu selalu memonitor pertumbuhan tanduk kambingkita sehingga tidak terjadi hal2 seperti diatas.

Alhamdulilah, selalu ada ilmu yang didapat tidak peduli sedikit ataupun banyak. Selama kita selalu menjalin silaturahmi, akan ada ilmu ataupun peluang yang bisa kita dapatkan.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum..
    Saya salah satu admin dari http://jurnal-peternakan.blogspot.com/ menawarkan pemasangan banner secara gratis yang diharapkan mampu mengembangkan bisnis peternakan anda. Banner akan kami pasang pada menu wirausaha dimana disana nanti juga aka terpasang banner2 wirausahawan peternakan lainya. Maka dari itu kami harap Bapak / Ibu dapat berpartisipasi, sekian dan terima kasih.

    Wassalamu'alaikum ...

    BalasHapus
  2. Ass,

    Maaf saya baru bisa blog sehingga terlambat merespon pesan bapak. Bagaimana cara atau aktualisasinya ?

    Terima kasih.

    Wass.

    BalasHapus